Menghilangkan Sakit Kepala Ala Kura-kura


Sejak kecil Ni Made Sri Andani mengalami gangguan sakit kepala (umumnya ringan, namun kadang kadang berat juga) yang hampir tak pernah berhenti sehingga sakit kepala akhirnya seakan menjadi menu setiap hari. Sakit kepala ringan yang dirasakan sebenarnya bisa diatasi dengan minum aspirin/obat analgesic dari dokter, tapi setelah obatnya hilang, tak lama kemudian sakit kepala muncul kembali.  Namun setelah mencoba salah satu trik yang diceritakan dalam sebuah buku tua , sakit kepala harian benar-benar hilang!

Caranya adalah dengan melakukan gerakan sederhana yang meniru gerakan kura-kura dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Duduklah di tempat yang nyaman (bisa dengan posisi bersila atau duduk di atas kursi biasa). Luruskan punggung dengan baik. Letakkan kedua tangan di atas lutut dan telapak tangan menengadah keatas.

2. Tarik nafas panjang, masukkan udara dari hidung dan kembungkan perut sambil mendongakkan kepala/mengangkat dagu sejauh mungkin, hingga kepala menyentuh leher belakang kita. Saat menarik nafas panjang ini, perhatikan udara yang masuk melalui rongga hidung ke dalam rongga dada dan perut dan pertahankanlah sejenak sambil mengangkat kedua belah bahu setinggi mungkin mendekati telinga.

3. Hembuskan nafas perlahan-lahan sampai habis sambil mengempiskan rongga perut.

Ulangi gerakan ini beberapa kali, setiap kali sempat dan merasa membutuhkan. Tidak ada aturan main harus berapa kali sehari tau berapa lama. Namun yang jelas, semakin sering melakukan, semakin lancar aliran darah ke kepala dan dengan sendirinya semakin lancar supply oksigen ke otak sehingga sakit kepalapun berkurang dengan drastic. Latihan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, saat jam istirahat kantor, sedang menonton TV di rumah, menunggu bis di halte dan sebagainya. Tidak perlu harus menunggu sakit kepala untuk melakukan aktifitas ini, karena jika kita melakukannya saat sehat, justru sangat efektif untuk mencegah terjadinya sakit kepala sebelum terjadi. Sebagian orang berkomentar bahwa gerakan ini mirip gerakan dalam Yoga. Mungkin saja. Karena Yoga pun memang memiliki banyak jenis gerakan yang tujuannya bukan saja untuk membantu meningkatkan hubungan dengan Sang Maha Pencipta, namun juga untuk menjaga kesehatan secara tidak langsung.

Disunting dari blog : Ni Made Sri Andani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s